3 Rangkaian Masalah yang Menyebabkan Genteng Bocor

79 views

Salah satu elemen terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik rumah adalah atap. Pemilihan dan pemasangan atap yang tepat akan meminimalisir kebocoran yang seringkali terjadi saat hujan deras tiba. Banyaknya variasi jenis dan harga genteng, sedikit banyak akan membingungkan Anda dalam memilih dan memasang atap. Padahal, kebocoran atap tentu akan berpengaruh pada kenyamanan rumah. Belum lagi jika air tetesan tersebut mengenai barang-barang penting yang rentan terhadap air, seperti televisi, kulkas, dan perlengkapan furniture rumah.

genteng-kia

Kebanyakan dari kita tidak cukup tanggap dalam mengatasi kebocoran atap. Hal sederhana yang sering kita lakukan adalah dengan menaruh ember untuk menampung air tetesan. Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini tidak akan menyelesaikan masalah utama dari kebocoran atap. Solusi konrkitnya adalah, memperbaiki atap bocor dengan secepat dan setanggap mungkin.

Melalui artikel ini, kami merangkum apa saja penyebab kebocoran atap yang umum terjadi, diantaranya:

Ketepatan rangkaian dalam pemasangan genteng

Adanya celah pada pemasangan genteng yang kurang rapat, tentu akan berakibat pada kebocoran atap rumah. Anda harus memastikan genteng satu dengan lainnya saling terkunci dengan tepat, sehingga akan mengurangi resiko air hujan yang masuk ke dalam rumah. Pilihlah genteng yang memiliki kualitas unggul, sehingga berpengaruh pada bentuk genteng yang presisi satu dengan yang lainnya. Ada baiknya Anda mempercayakan pemasangan genteng pada jasa tukang bangunan yang sudah berpengalaman. Memasangnya secara swadaya justru memiliki resiko yang lebih besar dan bisa merugikan Anda di kemudian hari nanti.

Masalah pada kemiringan atap

Penyebab berikutnya masih berasal dari kesalahan pemasangan atap. Memasang atap dengan tingkat kemiringan tertentu memang harus diperhitungkan secara matang dan tidak boleh asal-asalan. Kemiringan atap yang kurang curam, akan menyebabkan air tidak mengalir sempurna sampai ke bawah. Apalagi jika kondisi hujan sedang sangat lebat. Kemiringan atap yang landai akan membuat air tetap berada di atap, lalu terjadi genangan air. Dengan volume air yang banyak, kerapatan genteng pasti memiliki celah-celah kecil yang beresiko terjadinya kebocoran. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Anda pilih tukang bangunan yang profesional agar kemiringan atap rumah Anda tidak terlalu landai.

Masalah pada talang air

Kebocoran atap rumah sebenarnya dipicu oleh faktor-faktor yang saling berkaitan. Dan diantara faktor tersebut adalah mampetnya saluran pada talang air. Masalah mampetnya saluran pada talang air bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari tumpukan sampah dedaunan, hingga kesalahan pemasangan talang.  Anda harus jeli dalam memasang perangkat talang, seperti bahan pembuat talang, ukuran talang, dan bentuk talang. Ketiga hal tersebut nantinya berkaitan dengan debit air yang mengalir melalui talang tersebut. Semakin banyak debit air yang nantinya melewati talang, ukurannya pun harus Anda sesuaikan. Kesalahan pada talang air ini juga turut berpengaruh pada kebocoran atap, karena air yang harusnya bisa dibuang melalui talang tetapi malah justru tertahan di atas atap atau genting rumah.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, ketiga faktor penyebab kebocoran atap tersebut adalah rangkaian masalah yang saling berkaitan. Bagi Anda yang ingin mencegah kebocoran atap, ada baiknya untuk memperhatikan ketiga poin penyebab kebocoran atap yang umumnya sering terjadi. Semoga bermanfaat!

Leave a reply "3 Rangkaian Masalah yang Menyebabkan Genteng Bocor"