4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan

317 views

aapy.info – 4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan, 4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan

4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan

Saat berkendara di musim hujan mungkin menjadi suatu tantangan bagi kita, khususnya para pengendara motor. Selain, keadaan yang menjadi agak berbahaya, cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah, terutama bila terjadi hujan yang sedang ataupun sangat deras bisa sangat berpengaruh pada kegiatan berkendara kita. Tetapi hal ini tidak akan mengehentikan beberapa orang pengendara yang sudah Pede dengan dirinya. 
7 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan
Memang pada setiap musim kita harus siap untuk menghadapi kondisi perubahan cuaca yang cepat, kita dituntut unutk memiliki pengetahuan yang baik tertang berkendara di segala cuaca, termasuk hujan. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang Tips dan cara berkendara aman di saat hujan agar para pengendara dapat dengan tenang berkendara apabila tiba-tiba dihadapkan dengan kondisi ekstrem. Berikut adalah tips dan cara berkendara aman di saat hujan :

4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan

1. Menggunakan jas hujan

Sebuah jas hujan yang baik (jaket / celana) sarung tangan tahan air, dan sepatu bot jelas menjadi bagian dari pakaian yang mesti kita gunakan saat berkendara di saat hujan. Kita diharuskan merasa nyaman saat berkendara di saat hujan sekali pun, oleh karena itu dimungkinkan untuk tidak terganggu oleh semacam hal, seperti pakaian basah yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh anda, sepatu yang menjadi basah dan mengganggu kita dalam perpindahan transmisi, oleh karena itu kita wajib mengenakan pakaian yang sesuai saat berkendara dalam hujan. Disarankan untuk selalu membawa jas hujan di dalam bagasi/braket motor anda.

2. memiliki pandangan yang jelas

Perbedaan suhu di luar hel yang dingin, dan hangat di dalam helm memungkin kan terjadinya embun di kaca/visor helm. Hal ini mungkin menjadi masalah besar pada saat berkedara dalam keadaan hujan. Pandangan yang jelas saat hujan sangat diwajibkan untuk menghindari hal-hal yang bisa saja terjadi di depan kendaraan. Sebuah visor helm anti-kabut adalah solusi terbaik, tetapi hanya beberapa helm bermutu dan berharga tinggi saja yang menawarkan feature tersebut. Disarankan untuk membuka visor sedikit  sampai batas pengelihatan anda, tetapi tidak sampai tetesan hujan masuk menerjang mata anda. Solusi lain yang bisa dipakai, yaitu dengan menambahkan cairan anti-embun yang biasa digunakan pada kacamata renang ke lapisan dalam bagian helm agar bisa mengatasi hal tersebut.

3. Berkendara secara lembut/pelan

Ketika mulai hujan, kita harus menyesuaikan kecepatan sehubungan dengan memburuknya kondisi hujan, dan yang paling bai dilakukan adalah dengan memperlambat laju kendaraan. Apabila anda berkendara dalam kondisi  hujan diawal musin, mungkin anda juga akan menemui beberapa sisi jalan yang terdapat pasir di atas nya, sisa dari musim kemarau yang mungkin menumpuk. Perpaduan pasir dan air merupakan bahaya yang besar bagi roda, oleh karena itu diingatkan selalu menghindari sisi jalan yangberbahaya . Praktek terbaik untuk mengoperasikan sepeda motor dengan kontrol yang sangat baik merupakan kewajiban yang diharuskan saat berkendara di kondisi hujan. Selanjutnya, menggunakan taktik lalu lintas seperti memposisikan motor di jalur aman dan memberi ruang/jarak aman dari kendaraan yang ada di depan dan di belakang. Jarak itu dibutuhkan untuk melakukan manuver yang terjadi saat menyalip kendaraan di depan.

4.  Tetap tenang saat kendaraan lain menyalip dari belakang

Selalu bersiap ketika kendaraan lain melewati kita. Dalam keadaan normal pengendara sepeda motor adalah orang-orang biasanya menyalip melewati mobil, tapi ketika hujan, maka terjadilah sebaliknya. Mobil-mobil akan melewati kita karena kita diharuskan berkendara dalam kondisi lambat. Mobil memang kendaraan yang dibuat untuk kondisi hujan, jadi jangan sekali-sekali berpikir bisa balapan dengan mobil di kondisi hujan lebat. Ketika kendaraan lain/mobil menyalip kita, pastikan kita berada di jalur aman, memposisikan agar tidak terciprat air dari dan mobil, dan selalu siap menerima guncangan yang ditimbulkan oleh angin dari kendaraan yang melewati.  Tidak disarankan untuk turun dari aspal ketika kondisi basah, berpotensi terpeleset di kondisi tanah becek. Tidak lupa memberi tanda (lampu sein) ketika akan berbelok dan berpindah jalur agar tidak mengagetkan pengendara yang ada di belakang.

Sekian beberapa tips dan cara berkendara aman di saat hujan, semoga beberapa info dapat memberikan kesadaran berkendara bagi kita sering berada di jalan karena, kesadaran yang baik dalam berkendara pun dituntut untuk dimiliki setiap pengendara yang ada di jalanan. Terakhir, selalu ingat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan safety riding. Sekian Tips dan cara berkendara aman di saat hujan dari saya. Selamat berkendara.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan berguna untuk anda.

Leave a reply "4 Tips dan Cara Berkendara Aman di Saat Hujan"