Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?

84 views

Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?, Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?

Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?
Setiap akhir pekan acara televisi sering diisi acara sepakbola liga Indonesia dan luar Negeri. Tak ketinggalan ketika Timnas Indonesia berlaga mampu menyedot penonton yang banyak baik di stadion atau layar kaca, Timnas negara lain juga tak ketinggalan, hanya saja cukup menyaksikan dari tv.
Olahraga yang terdiri dari sebelas pemain ini di pertandingkan selama dua kali 45menit.

Definisi sport dapat Anda temukan di artikel yang berjudul Pengertian sport.

Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?
Salah Satu Bukti Sepakbola Menjadi
Olahraga Populer
Images By Kaskus.co.id

Sepakbola di Negara-negara maju pada umumnya dan di Negara Eropa pada khususnya merupakan sebuah industri yang sangat profatibel. Bahkan banyak pengusaha-pengusaha kelas kakap mau dan rela mengeluarkan uang untuk membeli saham mayoritas sebuah klub.

Sebut saja Roman Abramovich yang sangat mudah untuk berbelanja pemain sehingga mendongkrak prestasi klub yang bermarkas di Stamford Bridge, yaitu Chelsea. Klub tersebut akhirnya juara setelah lama tak terdengar gaungnya.

Banyak sekali contoh-contoh klub yang memiliki presiden yang gemar berbelanja pemain, misalnya Real Madrid, Manchester City, Paris St Germain.

Bagaimana dengan Indonesia?

Beberapa klub di Indonesia juga seperti itu, ada beberapa klub yang suka berbelanja pemain mahal-mahal sebut saja Persib, Persebaya, Arema.

Hal-hal diatas adalah sebagai salah satu dari beberapa contoh kasus nyata bahwa olah raga sepakbola tersebut begitu populer didunia ini, bahkan Negara Paman Sam yang notabene “negeri basket” juga ikut terkena imbasnya ketika David Bechkam datang di LA Galaxy.

Olah Raga “bal-balan” yang sering disebut oleh orang jawa ini banyak digemari sekaligus merakyat adalah karena ternyata didalamnya secara sadar atau tidak sadar mengandung refleksi kehidupan atau bisa dikatakan replika kehidupan.

Buktinya adalah kerjasama, menuju satu tujuan alias goal, sportivitas, dan masih banyak lagi lainnya, termasuk keterlibatan faktor pendukung yaitu suporter serta penonton itu sendiri.

Ada hal yang lain lagi mengapa olahraga ini begitu menarik untuk dinikmati, hal tersebut adalah sebuah seni dalam memainkan bola, adu strategi, adu ketangkasan, trik-trik, drama.

Faktor yang paling terasa dalam permainan olah bola ini adalah faktor kebersamaan itu lagi dan semangat untuk mencapai goal secara bersama-sama. Hal itu akan sangat terlihat apabila sebuah tim memiliki banyak pemain yang sering melakukan aksi individu, maka kemungkinan besar tim tersebut akan kalah.

Selain karena permainannya yang menarik karena dapat menggabungkan berbagai macam hal yang telah disebutkan diatas tadi, sepakbola juga menjadi populer karena dahulu kala merupakan alat sebagai perjuangan atau semangat kedaerahan dan tidak ketinggalan sebagai alat politik.

Terkait dengan politik ini ada banyak trik dan cara sepakbola tersebut mampu mengundang banyak orang untuk menyaksikan salah satu klub tersebut.

Namun ada juga klub yang didirikan bukan berdasarkan politik, karena memang semangat kebersamaan sekaligus alat perjuangan tadi sehingga banyak pendukung yang mendukung tim tersebut, dan ini juga rawan dimasuki orang-orang politik.

Kita tinggalkan tentang tiga paragraf yang menghubungkan antara sepakbola dan politik tadi.

Maka pada intinya sepakbola menjadi populer karena selain dari segi permainannya yang menarik, replika kehidupan yang didalamnya ada semangat kebersamaan tadi, tapi sudah dari sananya didesain untuk menjadi olah raga populer.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer? berguna untuk anda.

Leave a reply "Mengapa Sepakbola di Dunia dan Indonesia Menjadi Olahraga Populer?"