Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah

70 views

aapy.info – Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah, Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah

Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah
Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah, Sudah menjadi keinginan setiap siswa untuk menjadi anak berprestasi disekolah karena siswa berprestasi mendapat banyak keuntungan diantaranya dibanggakan orang tua, guru dan disukai teman-teman. Belum lagi kalau berprestasi di perlombaan-perlombaan kita akan semakin dikenal oleh orang-orang disekitar kita.

Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah
Picture by Google

Meskipun populer dan banyak teman karena berprestasi itu menyenangkan tetapi itu hanya bonus jangka pendek. Yang perlu dikejar adalah manfaat menjadi anak berprestasi dalam jangka panjang yaitu kita bisa masuk ke universitas favorit dan ilmu yang kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita sendiri, keluarga serta masyarakat luas.

Menjadi Anak Berprestasi dibidang akademik

Menjadi anak berprestasi itu tidak mudah karena kita harus berjuang menguasai materi pelajaran dengan berbagai cara seperti belajar sendiri, belajar kelompok, pergi ke tempat les-lesan dan sebagainya. Namun jika kita sudah memiliki kunci belajar yang efektif maka proses menguasai pelajaran menjadi lebih mudah.

– Suka membaca, mendengar pelajaran, menulis,  serta mengajarkan pada teman
Membaca merupakan salah satu cara kita mendapatkan informasi. Kembangkan rasa ingin tahu kamu dan bacalah banyak buku tentang pelajaran ataupun diluar pelajaran yang dapat menambah pengetahuan. Kemampuan untuk mendengarkan juga penting, informasi yang didapat dari mendengarkan sama baiknya dengan informasi yang kita baca.

Ingin pintar bahasa inggris? cobalah saat menonton film berbahasa inggris di televisi ataupun di bioskop tidak hanya membaca subtitlenya saja tetapi juga mendengarkan percakapan para pemainnya.

Untuk memperkuat daya ingat, cobalah untuk menuliskannya di buku dan mengajarkan pada teman lain. Dengan mengajarkan pada teman maka tidak hanya ingatan kita yang semakin kuat tetapi juga bisa mendapat feedback langsung dari teman.

– Suka pada apa yang dipelajari
Kalau kamu suka pejaran IPS tentunya tanpa disuruh belajarpun kamu akan dengan senang hati belajar. Jika kamu ingin berprestasi pada pejaran tertentu berusahalah untuk menyukainya salah satu caranya adalah dengan mendekat pada pelajaran tersebut misalnya membeli buku buku yang belum kamu punya. Mengobrol tentang pelajaran tersebut dengan teman. Bisa juga kamu mencari sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran tersebut, misalnya kalau kamu ingin suka IPA bacalah biografi penemu-penemu dibidang ilmu pengetahuan alam serta menjadikan salah satunya menjadi idola kamu.

Menjadi anak berprestasi non akademik

Setiap anak dianugerahi oleh Tuhan kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang pintar di banyak hal, ada yang di beberapa hal dan ada yang pintar di bidang-bidang tertentu saja. Jika kamu merasa punya bakat di bidang non akademik tidak ada salahnya untuk mengembangkannya tetapi juga tetap harus berusaha menjadi anak berprestasi dibidang akademik.

– Berlatih pada orang yang ahli dibidang itu
Saat kita mendapat mentor yang ahli maka teknik-teknik yang didapat merupakan teknik yang sudah terbukti berhasil misalnya jika kamu suka alat musik gitar tentunya kamu akan cepat ahli jika belajar pada Piyu Padi dibandingkan jika kamu belajar pada pengamen yang tinggal didekat rumah kamu. Memilih guru yang tepat merupakan awal keberhasilan kamu, jadi belajarlah pada yang terbaik.

– Latihan dengan jeda
Berlatih terus menerus sepanjang hari atau berlatih seminggu hanya sekali sama-sama tidak baiknya. Berlatihlah dengan rutin dengan jeda waktu yang cukup. Jeda itu bisa kamu manfaatkan untuk belajar bidang akademik atau beristirahat.

– Larut sepenuhnya
Kalau kamu suka sepakbola, cobalah untuk larut dalam olahraga tersebut misalnya dengan melihat performa pemain idaman kamu. Membaca majalah tentang bola dan mendekorasi kamar dengan nuansa bola. Larut dalam bidang yang kamu sukai memberikan tambahan semangat mempejarinya.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah berguna untuk anda.

Leave a reply "Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah"