Obesitas dan Kegemukan pada Remaja

71 views

aapy.info – Obesitas dan Kegemukan pada Remaja, Obesitas dan Kegemukan pada Remaja

Obesitas dan Kegemukan pada Remaja
Obesitas dan Kegemukan pada Remaja, Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi dimana seseorang kelebihan timbunan lemak pada tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Lemak memiliki banyak manfaat untuk tubuh tetapi apabila jumlahnya berlebihan menumpuk dalam tubuh maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, batu kandung empedu, gout, stroke, diabetes, penyempitan pembuluh darah dan beberapa penyakit lainnya

Seseorang dikatakan mengalami kegemukan dan obesitas apabila Indeks masa tubuh sama atau lebih dari 25 kg/m2. Cara menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) = berat badan / tinggi badan kuadrat (dalam meter). Misalnya A memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 165cm (1,65m) maka indeks masa tubuhnya 60:(1,65×1,65)= 22,03 kg/m2

Kriteria obese
Data Obesitas dan Kegemukan pada Remaja
Picture by Google

Jumlah obesitas dan kegemukan pada remaja semakin meningkat karena semakin banyak faktor pendukung timbulnya obese seperti kurangnya aktifitas fisik, makanan yang banyak mengandung lemak, gula dan karbohidrat serta kebiasaan makan orang tua yang buruk yang bisa menular ke anak-anaknya. Asupan makanan yang berlebih dengan tidak disertai dengan pembakaran yang seimbang menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

Kegemukan dan obesitas pada remaja merupakan yang sangat sensitif. Remaja yang mengalami kegemukan biasanya akan memperhatikan tubuhnya. Masalah emosional biasanya menjadi penyebab remaja ingin menurunkan berat badan. Edukasi yang benar dari orang tua atau orang-orang terdekat diperlukan agar dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang, bahwa berat badan ideal adalah tujuan jangka panjang untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup selain untuk meningkatkan penampilan.

Menurunkan Berat badan dan Menjaga berat badan agar tetap ideal

Inti dari penurunan berat badan adalah dengan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang diasup. Sebelum melakukan apapun untuk menurunkan berat badan yang perlu dirubah adalah mindset bahwa kita perlu melakukan gaya hidup sehat dengan nutrisi yang seimbang dan kegiatan fisik yang cukup. Merubah gaya hidup menjadi lebih sehat harus menjadi tujuan akhir dari program penurunan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan diantaranya adalah dengan:
– Diet sehat
– olahraga teratur setidaknya 3 kali seminggu
– menghindari minuman manis seperti minuman ringan
– Sarapan dengan menu yang bergizi
– Menghindari camilan tidak sehat dan menggantinya dengan camilan sehat seperti buah dan sayur
– monitor berat badan secara teratur
– Berusaha konsisten, dan menjalankan pola hidup sehat untuk selama-lamanya.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Obesitas dan Kegemukan pada Remaja, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Obesitas dan Kegemukan pada Remaja berguna untuk anda.

Leave a reply "Obesitas dan Kegemukan pada Remaja"