Tips Memilih Abon Sapi Berkualitas yang Aman Dikonsumsi

104 views

Bentuk makanan instan banyak dijadikan sebagai pilihan oleh beberapa orang yang pada dasarnya memang sibuk, tidak sempat untuk memasak lauk untuk makan, ataupun karena dalam kondisi yang memang darurat, seperti dijadikan sebagai teman perjalanan di hutan maupun camping. Salah satu diantaranya adalah abon sapi. Pastinya sudah sangat mengenal jenis makanan yang satu ini bukan. Abon terbuat dari beberapa bahan dasar layaknya daging sapi, adapun juga abon ikan cakalang dan masih banyak lagi, dimasak menggunakan berbagai jenis bumbu sampai mengering sehingga bisa tahan lama.

Jenis makanan yang satu ini memang paling banyak dijadikan sebagai pilihan oleh anak kos atau yang senang travelling ke gunung, karena sangat praktis dimakan bersama dengan nasi, apalagi rasanya juga lebih enak dan jaminan sehat dibandingkan dengan mie instan. Karena memang tergolong sebagai makanan khas Indonesia, maka bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya juga asli, tanpa tambahan pengawet apalagi perasa buatan. Sehingga tidak heran banyak yang memburunya di pasaran.

Resep-Abon-Sapi-Kering-Enak-Dan-Renyah

Khusus untuk Anda yang memang ingin membeli abon sapi ini hendaknya juga harus tau mana yang kualitasnya terbaik, terbuat dari daging sapi asli dan tentunya harus enak. Berikut ini setidaknya ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih produk tersebut, diantaranya adalah:

•    Perhatikan tekstur serat dari abon tersebut, umumnya konsumen bisa dengan mudah menilai apakah bahan yang digunakan memang benar-benar daging sapi murni atau justru banyak ditambah dengan bahan yang lain layaknya kencur yang diparut, karena akan sangat mempengaruhi rasa dan juga kemurniannya, konsumen pastinya lebih suka yang rasanya murni dari daging sapi bukan. Serat halus berasal dari bahan dasar daging, sedangkan bagian serat kasar adalah bahan campuran. Lebih banyak serat-serat halusnya artinya jumlah daging yang dipakai juga besar.
•    Lihat bahan dasar pembuatan dari abon tersebut, untuk mendapatkan yang sehat dan juga enak, maka pastikan mengecek komposisi bahan yang ada di bagian label kemasan. Pastikan bahwa semua bahannya aman dan tidak menyebabkan reaksi alergi.
•    Lihat warnanya, untuk mengetahui apakah abon diproses dengan benar atau tidak cukup mudah, yaitu dari warnanya, umumnya jika proses tepat maka akan menghasilkan abon yang warnanya coklat keemasan, biasanya yang seperti ini lebih nikmat, karena tingkat kematangannya juga sangat pas.
•    Lihat ada tidaknya cairan pada bagian kemasan abon tersebut, umumnya jika masih ada cairan sebenarnya abon tidak diproses dengan benar, hal ini mungkin tidak akan terlalu mempengaruhi dari segi rasanya, namun untuk ketahanannya lebih singkat dibandingkan dengan abon yang benar-benar kering sempurna. Abon kering akan bertahan lebih lama.
•    Hindari membeli yang bentuknya curang, misalnya adalah dengan membeli garam-garaman atau kiloan, karena meskipun harganya terbilang murah, namun Anda tidak bisa mengetahui label keamanan dan juga kode produksinya. Lebih baik pilih yang sudah dikemas dengan benar.
•    Pastikan untuk mengecek tanggal kadaluarsa, karena meskipun tergolong sebagai jenis makanan yang tahan lama, namun bagaimanapun setiap produksinya pasti akan ada batasan bertahan selama beberapa waktu dan juga tidak. Pastikan hanya membeli yang masih layak konsumsi.

Dapatkan abon sapi berkualitas terbaik sebagai lauk makan praktis Anda, tinggal dimakan bersama dengan nasi saja sudah cukup menunjang kebutuhan gizi. Dijadikan sebagai cemilan juga tidak masalah.

Leave a reply "Tips Memilih Abon Sapi Berkualitas yang Aman Dikonsumsi"