7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit

41 views

aapy.info – 7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit, 7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit

7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit

Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor – Penelitian telah menemukan bahwa motor bisa menggunakan satu letir bensing untuk 20 km. Beberapa motor pun bahkan ada yang lebih irit, tergantung dari CC mesin dan tipe nya. Tetapi secara umum, motor adalah kendaraan paling hemat di antara kendaraan yang lain.
Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit dan Efisien
Di dalam artikel ini menjelaskan beberapa Tips dan cara menghemat bahan bakar motor agar lebih irit, dengan begitu biaya yang dikeluarkan oleh para pengendara motor pun dapat lebih sedikit dan efisien. Beberapa Tips dan cara menghemat bahan bakar motoradalah sebagai berikut:

Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit dan Efisien

1. Berhenti mengemudi secara sembarangan

Melakukan pengereman mendadak dan akselerasi yang secara bergantian membebani mesin berakibat dan hal itu dapat mengakibatkan konsumsi bensin yang malah berlebih. Oleh karena itu disarankan mengatur kecepatan secara konstan dan aman, memindah transmisi lebih lembut, serta selalu mematuhi batas kecepatan yang berlaku. 

2. Berkendara secara konstan

Pengendara motor bisa mendapatkan penggunaan bahan bakar yang efisien dengan cara berkendara secara konstan. Jalan lintas/jalan trans yang di desain untuk jalan antar propinsi biasanya mempunyai medan yang lurus danlebar, hal ini mempengaruhi lebih efisiennya untuk pemakaian bahan bakan daripada jalan di kota yang berliku-liku. Hal ini bisa diterapkan ketika kita tau kapan waktu atau jam-jam tertentu untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalanan.

3. Memakai pakaian yang aerodinamis

Selain disarankan memilih motor yang memiliki bentukpaling aerodinamis di kelasnya, penggunaan pakaian saat berkendara pun menjadi hal yang bisa dipertimbangkan. Pakaian yang biasa digunakan untuk berkendara disarankan yang memiliki bentuk aerodinamis. Pengaruh pakaian yang kurang aerodinamis sangat mempengaruhi laju kendaraan secara umum, sehingga bisa mengakibatkan bahan bakar yang banyak terbuang percuma. Hal ini mengakibatkan mesin bekerja secara lebih keras karena mendapat hambatan dari pengendara yang kurang aerodinamis. Disarankan untuk menggunakan helm full-face yang bentuknya sangat aerodinamis, sehingga angin dapat melalui bagian paling atas secara lancar tanpa halangan. Untuk jaket pun disarankan untuk jaket para rider profesional, sehingga selain menunjang bentuk aerodinamis, jaket pun berguna menjadi pelindung yang menjadi syarat utama safety riding.

4. Melepas semua aksesoris/part yang tidak terlalu berguna

Banyak para pengguna motor menambahkan aksesoris/part yang tidak terlalu tapat guna bagi motor. Hal inin menyebabkan motor terhambat lajunya dikarenakan seperti yangdijelaskan pada poin tentang bentuk aerodinamis pada motor. Contoh penggunaan part yang kurang tepat guna, seperti penggunaan ban yang terlalu besar, velg yang terlalu lebar, aksesoris yang terlalulebar di body motor. Beberapa part atau aksesoris mungkin menambah “keanggunan” motor, tetapi konsekuensi lain yang didapat menjadikan bahan bakar menjadi tidak efisien. Mempertimbangkan beban berat motor menjadi salah satu poin yang menjadi alasan kenapa kita harus melepaskan beberapa part/aksesoris yang kurang tepat guna.

5. Pastikan menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi

Mungkin cara ini sangat menghabiskan biaya, tetapi ini merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar secara maksimal. Bahan bakar yang buruk terbukti dapat lebih cepat dan menyebabkan akumulasi timbal yang jika terlalu banyak dapat merusak kinerja mesin sehingga malah menjadikan mesin mengkonsumsi bahan bakar secara berlebihan. 

6. Mempertimbangkan beban berat motor

Hal yang musti diingat, semakin ringan beban motor, maka semakin sedikit bahan bakar yang dikonsumsinya untuk kinerja mesin. Meringankan beban motor menjadi investasi yang cerah bagi masa depan motor.

7. Perawatan mesin dan karburator secara rutin

Hal terakhir yang amat penting dan berpengaruh yaitu secara rutin merawat mesin dan karburator. Karena bagian ini yang secara langsung mengandalikan konsumsi mesin secara menyeluruh. Pembakaran di ruang bakar yang kurang baik sangat berpengaruh, lalu karburator yang berfungsi sebagai pengendali masupnya bahan bakar ke ruang bakar pun harus sering disetel secara sesuai dengan kebutuhan mesin.
Pemakaian bahan bakar yang irit merupakan poin pertama yang biasa dilihat para pengendara yang ingin membeli motor baru. Ketika alasan ekonomi masih menjadi hal yang membebani, oleh karena itu disarankan untuk selalu menerapkan Tips dan cara menghemat bahan bakar motor agar lebih irit untuk mendapatkan kepuasan berkendara. Jangan ragu lagi untuk menerapkan hal-hal tersebut. Demikian Tips dan cara menghemat bahan bakar motor agar lebih irit, tidak lupa, selalu ingat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan safety riding. Selamat berkendara.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit berguna untuk anda.

Leave a reply "7 Tips dan Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Agar Lebih Irit"