Bagaimana Gejala Dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

77 views

Bayi merupakan makhluk yang sangat rentan terjadap alergi karena imun atau daya kekebalannya yang masih belum sempurna seperti orang dewasa. orang dewasa saja masih banyak yang mengalami alrergi, apa lagi pada bayi yang daya imun dan kekebalannya masih belum sempurna. oleh karena itu, bayi sangat rentan terhadap berbagai alergi termasuk salah satunya adalah alergi susu sapi. alergi susu sapi yang terjadi pada bayi merupakan ketidakmampuan tubuh bayi menerima berbagai zat-zat yang berhbungan dengan sistem imun atau kekebalan tubuh bayi itu sendiri. alergi susu bisa terjadi akibat riwayat keturunan keluarga yang pernah mengalami alergi terhadap susu sapi. lalu bagaimana cara da konsumsi. Jika telah mengalami alergi tersebut, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengatasi alergi susu sapi pada bayi? untuk cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi kita perlu mengetahui dan mengenali terlebih  dahulu mengenai berbagai gejala yang dikeluarkan hingga pada akhirnya bisa terdeteksi sebagai alergi susu sapi. ada beberapa hal yang bisa dinilai dan membuktikan bahwa anak anda telah mengalami alergi susu sapi. lalu bagaimana cara anda untuk mendeteksi dan bisa menilai bahwa anak anda telah mengalami alergi susu? daripada penasran, langsung saja simak beberapa gejala yang harus anda ketahhui untuk bisa mendeteksi dan menilai bahwa anak anda mengalami gangguan alergi susu sapi.

ThinkstockPhotos-153065393

Gejala yang paling mudah dideteksi dan dinilai jika anak anda telah megalami gangguan alergi susu sapi diantaranya adalah:

  1. alergi susu sapi pada bayi pada umumnya terjadi pada saat usia bayi 0 bulan sampai menginjak pada 6 bulan.  namun keluhan pada alergi susu bisa saja terjad pada saat anak berusia tiga hari.
  2. gejala yang diimbulkan adala bisa berupa kulit yang memerah atau kering dan bahkan bersisik. bisa dikatakan bayi yang mengalami gangguan alergi susu terjadi peradangan yang parah pada kulit bayi.
  3. gejala lain yang terjadi yakni salura pencernaan yang tergangu seperti muntah, diare, ataupun uang air besar yang disertai dengan darah.

Hal di atas merupakan beberapa gejala yang bisa dijadikan alat untuk menilai apakah bayi anda telah terjangkit gangguan alergi susu atau tidak dengan ulasan dan informasi di atas, diharapkan anda bisa menilai dan bisa mengatasi alergi susu pada bayi seja dini agar penanganananya pun juga lebih cepat dan tepat.

Untuk cara mengatasi alergi susu sendiri ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. anda bisa mengganti nuttrisi dalam susu sapi yang mengandung vitamin D dengan banyak memberikan makanan pada bayi anda yang mengandung vitamin D, antara lain yakni bayam, ikan salmon, brokoli, telur, ikan tuna, ikan sarden, produk olahan kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan lain sebagainya makanan yang mengandung vitamin D.
  2. atau jika anak anda gampag bosan atau bahkan tidak menyukai makanan seperi bayam, ikan salmon, ikan tuna, kan sarden, telur, brokoli, dan makan lainnya yang menagndung banyak vitamin D, anda bisa menggantinya dengan mengajak anak anda untuk berjemur di bawah sinar matahari. karena sinar matahari pada hakikatnya mengandung vitamn D. hal ini disebabkan oleh paparan UV B yang dapat menjadikan vitamin D yang sangat berguna dan bermanfaat bagi tubuh. anda bisa melakukan penjemuran badan kurang lebih selama 10  sampai 15 menit. dengan waktu yang selama itupun kebutuhan vitamin D bisa terpenuhi.
  3. Anda juga bisa mengatasi alergi susu sapi pada anak anda dengan memberikan susu dengan basis asam amino. susu dengan basis asam amino merupakan salah satu jenis susu yang sangat mudah diterima oleh tubuh bayi pada umumnya.
  4. Anda harus menjauhkan segala sesuatu yang mengandung susu sapi atau segala makanan yang berbau susu sapi. hal ini secara tidak langsung bisa mengatasi alergi anak anda.
  5. Alangkah lebih baiknya jika anda memberikan ASI sebagai ganti dari susu sapi. hal ini juga akan memberikan nutrisi pengganti dari susu sapi. ASI justru sangat untuk anak anda daripada susu sapi. namun para ibu juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. karena makana yang dikonsumsi ibu juga dimakan oleh bayi anda, maka anda juga harus menhindari makanan yang berbau susu sapi atau makan makanan  yang mengandung susu sapi demi kebaikan bayi anda agar kejadian alergi susu tersebut tidak terulang kembali.

ituah beberapa ulasan mengenai gejala alergi susu  sapi dan bagaimana cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. anda bisa melakukan pencegahan sekaligus mengatasi alergi susu sapi pada bayi anda jika suatu saat bayi anda mengalami gejala yang telah disebutkan di atas. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa dijadikan bahan informasi untuk kesehatan bayi anda.

Leave a reply "Bagaimana Gejala Dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi"