Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar

57 views

aapy.info – Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar, Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar

Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar

Kabar gembira untuk para pengendara roda dua khususnya type matic, di artikel ini tersedia beberapa Cara Dan Tips Merawat Motor Matic bagi para pemula ataupun maniak motor matic. Dalam merawat motor matic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar motor matic anda dapat digunakan secara nyaman dan aman di setiap saat mengendarainya. beberapa Cara Dan Tips Merawat Motor Matic adalah sebagai berikut:
Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar

Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang baik dan benar

1. Mesin ( engine )

Dalam merawat motor matic (AT) yang sangat sekali berbeda dengan motor manual (MT), perbedaan yang siknifikan terdapat pada transmisi motor tersebut. Tetapi, ada beberapa hal yang masih sama dalam hal merawat kedua mesin motor tersebut. Hal tersebut adalah hal utama yang paling berpengaruh pada performa segala jenis motor, yaitu cairan pelumas (oli) system kerja mesin motor tersebut. Kita harus pandai-pandai dan tepat dalam memilih oli mesin tersebut, terutama untuk mempermudah merawat motor matic agar tidak menyesal dikemudian hari. Jenis oli mesin yang biasa digunakan motor matic adalah oli yang memiliki kadar suhu yang relative dingin dan tidak terlalu pekat, terterlepas oli tersebut berbahan sintesis atau pun bukan.

Dalam pemakaian, jangan lupa untuk selalu mengingat jarak/waktu batas pemakaian oli mesin tersebut agar tidak menyebabkan akumulasi kerusakan pada mesin. Selalu mengecek batas minimal pada indicator oli mesin agar mesin tetap aman dan tidak menyebabkan rusaknya bagian dalam mesin yang disebabkan gesekan yang fatal (dapat berakibat overheat/ngejim). Bagian utama yang sangat berbeda dari motor transmisi manual yang menggunakan rantai sebagai pemutar roda, pada motor matic bagian tersebut memakai van belt, part ini merupakan part yang memiliki batas masa pakai, karena terbuat dari karet, oleh karena itu disarankan untuk selalu memperhatikan keausan dan retakan yang muncul pada van belt untuk menghindari putusnya tali pemutar roda tersebut.

2. Rem ( brake )

Hal yang satu ini sangat membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra, rem merupakan hal penting dalam berkendara, dikarenakan menyangkut keselamatan pengendara motor tersebut. Terlebih, motor matic merupakan motor yang sangat diandalkan dalam sisi akselerasinya, untuk mengimbanginya dibutuhkan system pengereman yang sangat aman dan presisi. Sebenarnya umtuk merawat rem tidak sulit, kita hanya harus rutin memperhatikan kampas rem (bagi rem cakram dapat langsung dilihat pada bagian kampas tingkat keausannya) yang bisa kita rasakan dari dalam atau tidaknya kita saat menarik rem tersebut. Disarankan untuk selalu membersihkan bidang cakram dan kampas yang bergesekan dari kotoran, agar waktu keausan tidak terlalu cepat dan menghindari macetnya rem akibat tersangkut kotoran pasir dan lainnya. Bagian lainnya yang perlu diperhatikan adalah minyak hidrolik rem cakram, disarankan untuk rutin mengecek indokator minimal agar bisa lebih awal mengetahui kebocoran yang bisa mengakibatkan tidak berfungsinya rem sama sekali.

3. Shock ( suspension )

Suspensi/shock motor merupakan bagian yang menunjang kenyamanan pengendara motor. Dalam hal merawat motor matic, merawat shock bisa dikatakan hal yang mudah, kita cukup rutin membersihkan shock belakang (tipe per) dari kotoran pasir agar kekenyalan tidak terganggu dan masa pakainya pun cukup awet. Bagi shock depan bisa diperhatikan seal antara batang shock dan tabung, part ini cukup rentan dengan kebocoran, yang bisa mengakibatkan fungsi shock berkurang dan berpengaruh pada kenyamanan. Disarankan untuk selalu menghindari jalan berlubang, karena jika frekeunsi shock depan yang bertabrakan langsung dengan lubang di jalan semakin sering, maka akan memperbesar kemungkinan kebocoran.

4. Kelistrikan ( electricity )

Lampu adalah hal utama dalam penerangan saat berkendara di jalan. Bagian ini agak sulit karena jaringan kelistrikan biasanya hanya dapat dipahami oleh montir/orang yang sudah ahli. Tetapi, kita bisa tetap menjaganya dengan selalu memperhatikan bagian-bagian dan fungsi motor yang menggunakan listrik yang bersumber dari accu tersebut. Selalu memperhatikan lampu utama, sein, lampu belakag (lampu seri, dan lampu rem berfungsi dengan baik, electric stater dan klakson pun tidak luput dari perhatian. Serta, memperhatikan accu yang menjadi sumber utama kelistrikan pada motor matic kita. Selalu mengecek indicator air (bagi accu basah) dan memperhatikan apabila terjadi konslet pada kabel-kabel yang bersentuhan.

5. Ban ( tire )

Hal lain yang menyangkut keselamatan berkendara selain rem adalah ban. Bagian ini terintegrasi dengan system rem, karena ban yang baik merupakan salah satu penunjang rem berfungsi dengan baik. Pemilihan ban yang tepat merupakan hal yang wajib bagi pengendara yang sangat memperhatikan keselamatan. Memperhatikan keausan dan masa pakai ban juga merupakan hal utama dalam perawatan ban. Mengganti ban yang sudah aus (gundul) dan menghindari pemakaian ban cacing (ukuran kecil) yang mengakibatkan sedikitnya bidang sentuhan jalan dengan ban bisa mengakibatkan rentan slip nya ban.

6. Suku cadang asli (genuine sparepart)

Hal ini sering luput bagi para pengendara motor, pemakaian suku cadang imitasi yang tidak mempunyai jaminan resmi dari perusahaan motor bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada motor matic kita pakai. Disarankan bagi para pengendara motor matic untuk selalu memakai suku cadang asli dari perusahaan motor matic yang kita pakai. Selain berkualitas nomer wahid, sparepart asli memiliki masa pakai yang relative lama walaupun harganya tidak murah. Selalu gunakan sparepart asli motor matic anda untuk mendapatkan kenyamanan berkendara yang sesungguhnya (y).
Demikian beberapa cara dan tips merawat motor matic kita agar selalu nyaman dan aman ketika dipakai berkendara jarak jauh ataupun jarak dekat. Selalu ingat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan safety riding. Sekian cara dan tips merawat motor matic dari saya. Selamat berkendara.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara dan Tips Merawat Motor Matic yang Baik dan Benar"