Cek! 4 Tanda Perkembangan Bayi 6 Bulan Sudah Normal

33 views

Pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi-6-bulan

Si kecil tentu akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan ketika memasuki usia setengah tahun. Namun, beberapa orang tua masih belum tahu pertumbuhan bayi 6 bulan yang normal dan baik itu seperti apa dan ditandai dengan apa. Oleh karena itu, bagi Anda, para orang tua, berikut 4 tanda yang bisa Anda perhatikan.

  1. Perhatikan Kemampuan Motorik Kasar Si Kecil

Saat bayi berusia 6 bulan, penting untuk memperhatikan kemampuan motorik kasarnya. Sebagai contoh, apakah bayi Anda sudah bisa duduk sendiri? Nah, jika bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai untuk duduk sendiri, ini termasuk perkembangan yang normal.

Awalnya, si kecil akan menopang badan dengan tangannya. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, si kecil bisa duduk tanpa harus ditopang oleh tangan. Selain duduk, tanda normalnya motorik kasar bayi 6 bulan juga bisa dilihat dari aksi bergulingnya.

  1. Perhatikan Kemampuan Motorik Halus Si Kecil

Apa tanda motorik halus bayi yang normal? Hal ini bisa ditandai dengan bayi yang sudah bisa menggunakan tangannya untuk memukul, memegang, dan menggoncangkan berbagai macam benda.

Selain itu, bayi juga sedikit demi sedikit akan belajar merangkak dan menggeser badannya ketika tengkurap. Sebagai penanganan yang baik, Anda bisa memberikan mainan di hadapan si kecil. Pastikan mainan berada pada posisi yang agak jauh agar bayi mencoba untuk merangkak.

  1. Perhatikan Kemampuan Komunikasi Bayi

Normalnya, bayi berusia 6 bulan sudah bisa tertawa, mengoceh, dan tersenyum. Selain itu, bayi juga sudah bisa mengucapkan beberapa kata seperti, papa, mama, dan lainnya. Bahkan, jika bayi merasa senang, ia akan berteriak. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap merespon dan ikut berkomunikasi dengannya.

Selain itu, bayi juga sudah bisa mengenal benda dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Itulah kenapa Anda tidak perlu heran jika bayi akan menangis ketika diajak berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal. Bayi juga bisa takut terhadap orang atau situasi yang asing baginya.

  1. Perhatikan Pola Makan Bayi

Tidak hanya ASI, bayi berusia 6 bulan ke atas juga sudah bisa menerima makanan padat. Oleh karena itu, Anda harus memberikannya makanan sehat dan bergizi serta yang mudah dicerna, seperti pisang ataupun sayuran.

Anda bisa memperkenalkan makanan tersebut secara perlahan dalam kurun waktu beberapa hari karena selera makan bayi bisa berubah-ubah. Selain itu, hindari juga untuk memberi makanan yang bisa menimbulkan alergi, seperti telur, cokelat, kerang, kacang kedelai, dan lainnya. Kenali semuanya.

Sebagai orang tua, memang sudah semestinya was-was dan selalu memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Empat hal di atas bisa mewakili dan mendeteksi apakah pertumbuhan bayi 6 bulan sudah normal atau belum. Jika tanda-tandanya belum terlihat, pastikan Anda segera melakukan konsultasi ke dokter.