Jenis Prosesor Smartphone

146 views

aapy.info – Jenis Prosesor Smartphone, Jenis Prosesor Smartphone

Jenis Prosesor Smartphone

  

Anda pasti sering mendengar istilah Prosesor (dalam bahasa inggris “Processor”), ada juga yang menyebutnya dengan CPU, apapun istilahnya yang jelas anda tiponer harus tahu masalah ini kalau ingin membeli smartphone.

Teknologi berkembang pesat banget, keadaan ini ikut mempengaruhi kehebatan prosesor smartphone saat ini, baik itu yang menjalankan OS Android, iOS, Blackberry, dan Windows Phone. Ada beberapa Prosesor yang saat ini menjadi primadona di kalangan smartphone : Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9.

5 Prosesor Terkenal Smartphone Android

1. Qualcom Snapdragon

Prosesor ini merupakan CPU Android yang sering digunakan oleh banyak produsen smartphone ataupun tablet Android. Prosesor buatan Amerika ini sekarang sudah meluncurkan 4 generasi, yaitu Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3, dan Snapdragon S4. Tidak ada yang meragukan kualitas dari prosesor ini, karena kualitasnya yang memang memiliki kemampuan lebih baik dari CPU lainnya. Grafik yang ditopang dari prosesor Qualcomm adalah anak buah dari ATI, yaitu Adreno. Jika Anda seorang gamers, sepertinya Anda memilih gadget yang tepat dengan menggunakan CPU Snapdragon dari Qualcomm ini. Qualcomm mengklaim prosesor single-core nya memiliki clock 1.4Ghz dengan performa yang lebih baik dari prosesor lain yang sudah dual- core. Contoh gadget yang menggunakan Qualcomm adalah Samsung Galaxy W, Motorola Fire XT, HTC Sensation XE.
selain itu Qualcomm tahun lalu mereorganisasi bagaimana menamakan prosesor Snapdragon dan membaginya ke dalam seri yang berbeda. Snapdragon S1 mewakili chip generasi pertama yang ditemukan di HTC Nexus One, kemudian ada S2 dan S3, diikuti oleh S4 yang saat ini ditampilkan dalam hampir setiap ponsel 4G LTE di Amerika Utara. Pada awalnya hal ini kelihatan sederhana kita cukup mereferensikan seri chipnya daripada harus memanggil nomor modelnya seperti MSM8960. Tapi pada kenyataannya, Ketika penggemar Android mendengar “Snapdragon S4” mereka berpikir tentang chip super cepat yang ditemukan pada HTC One X dan Samsung Galaxy S III, Padahal sebenarnya ada empat tingkatan yang berbeda dari chip S4 dan mereka tidak semua diciptakan sama. Sebuah contoh sempurna adalah Snapdragon S4 Play, yang terdapat dalam Desire HTC X yang baru. Yang terbayang adalah “S4” dan berpikir mereka mendapatkan Qualcomm Krait CPU 28nm yang terbaru dan Adreno GPU yang lebih cepat, tapi chip ini menggunakan teknologi yang lebih lama yaitu 45nm dan Cortex-A5 CPU dan GPU Adreno 203 yang lebih lambat. Kurang lebih, saat ini ada 15 model Snapdragon S4 yang berbeda dan hal yang sulit untuk mengikuti perkembangannya. Kebanyakan pembeli smartphone mungkin tidak peduli prosesor apa yang ada di dalam ada teleponnya, tapi jika Anda membaca blog ini maka Anda akan lebih mengerti apa yang ada pada telepon anda. Qualcomm memecah sistem tingkatan Snapdragon baru , dari mulai entry-level hingga high-end sbb:

Prime – Snapdragon S4 Prime prosesor ini akan menjadi kekuatan “enhanced smart TV experiences” – termasuk kemampuan terbaru audio/video, browsing web murni dan aplikasi yang lebih kuat – memberikan komitmen Qualcomm agar konsumen tetap terus menerus tersambung ke perangkat favorit mereka, konten dan aplikasi. Prosesor dalam tingkatan S4 Prime adalah Snapdragon S4 Prime MPQ8064 prosesor, featuring 1.5GHz quad-core CPU – berbasis Qualcomm Krait mikro-arsitektur – Adreno 320 grafis dan kemampuan terbaru audio / video, memberikan pengguna ponsel pengalaman ponsel dengan kinerja tertinggi dengan konsumsi daya lebih sedikit.

Pro – Snapdragon S4 Pro prosesor featuring Adreno 320 GPU dan dukungan untuk menampilkan resolusi yang lebih tinggi, serta kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak dengan kelas S4. 320 Adreno GPU yang bisa diprogram dengan kinerja yang tinggi, memberikan pengalaman yang superior untuk browsing Web, permainan, user interface, dan aplikasi grafis lainnya. 320 Adreno juga menanamkan versi Pro S4 dengan kemampuan multimedia terbaru, termasuk computational kamera – kemampuan membuka jalan langsung ke dalam kemampuan komputasi dari Adreno 320 GPU melalui API baru seperti OpenCL, untuk bisa digunakan pada generasi berikutnya seperti kamera light-field untuk perangkat mobile. Dalam mendukung generasi berikutnya dari grafis 3D APIs, Adreno 320 akan menampilkan efek grafis 3D yang lebih realistis melalui akselerasi hardware fitur canggih seperti render instancing, query oklusi dan multiple target render. Adreno 320 juga mencakup perangkat keras yang didedikasikan untuk mempercepat Windows dan sepenuhnya mendukung engine game teratas di industri dari Unity, Epic dan lain-lain. Prosesor dalam tingkatan S4 Pro termasuk APQ8064 dan MSM8960T (versi Pro dari MSM8960).

Plus – prosesor Snapdragon S4 Plus membawa pemrosesan aplikasi luar biasa dan kecepatan koneksi internet 3G dan 4G terdepan, yang memungkinkan OEM untuk memperkenalkan perangkat berbasis-S4 dengan arsitektur generasi mendatang seluler di seluruh peta jalan masing-masing perangkat – dari smartphone basic hingga smartphone dan tablet high-end. Prosesor S4 terkini juga dioptimalkan untuk penggunaan dengan perangkat lunak suite yang tersedia dari Qualcomm untuk membantu memungkinkan OEM untuk memberikan industri terkemuka fitur set untuk multimedia, konektivitas, kamera, layar, keamanan, manajemen daya, browsing dan alami desain antarmuka pengguna. Prosesor di tingkatan S4 Plus termasuk MSM8960, APQ8060A, MSM8660A, MSM8260A, APQ8030, MSM8930, MSM8630, MSM8230, MSM8627 dan MSM8227.

Play – Prosesor Snapdragon S4 Play dirancang khusus untuk smartphone volume-tinggi . Prosesor di tingkat S4 Play meliputi MSM8625 dan MSM8225. Kedua chipset menyediakan CPU dual- core yang beroperasi sampai dengan 1,2 GHz, Qualcomm GPU, Adreno 203 dan modem 3G terintegrasi. chipset MSM8625 dan MSM8225 dirancang untuk hardware dan software yang kompatibel dengan chipset MSM7x27A dan keluarga MSM7x25A, memberikan produsen perangkat kemampuan untuk bermigrasi dengan mulus Snapdragon berbasis desain S1 yang ada ke dual core berbasis desain S4. Kemampuan ini sangat berguna bagi produsen perangkat untuk efisien memperluas lini produk smartphone mereka dengan produk smartphone 3G yang lebih maju dan lebih mampu.

Berikut perbandingan kemampuan Prosesor Snapdragon.

  1. Snapdragon 200 : Kecepatan proses Hingga 1,4 GHz Quad Cortex A5, GPU Andreno 203, Kamera 8 Megapiksel, Video HD 720p (30/15 fps), USB 2.0, Bluetooth 3.0
  2. Snapdragon 400 : Kecepatan Hingga 1,7 GHz, GPU Andreno 305, Kamera 13 Megapiksel, Video HD 1080p, USB 2.0, Bluetooth 4.0
  3. Snapdragon 600 : Kecepatan Hingga 1.9 GHz Quad Krait 300, GPU Andreno 320, Kamera 21 Megapiksel, Video HD 1080p, USB 2.0, Bluetooth 4.0
  4. Snapdragon 800 : Kecepatan 2,3 GHz Quad Krait 400, GPU Andreno 330, Kamera 55 MP, Video 4k x 2k UHD pengambilan video/pemutaran, USB 3.0/2.0, Bluetooth 4.0 

2. Nvidia Tegra

Prosesor ini adalah produkan dari Nvidia. Untuk prosesornya sendiri saat ini sudah menelurkan seri Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, dan Nvidia Tegra 3. Untuk Nvidia Tegra 4 sedang dalam tahap pengembangan agar mampu bekerja multi-core. Prosesor Nvidia Tegra memiliki konsumsi daya yang minimum, sehingga cocok untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan multimedia Anda, baik untuk bermain games atau memutar video HD. Sayangnya, gadget Android yang menggunakan prosesor ini terbilang menengah ke atas, salah satu contohnya adalah HTC One X yang disisipi Nividia Tegra 3. Saat Anda menggunakan smartphone tersebut kinerja yang dihasilkan sangat maksimal dan tentunya daya yang diserapnya sangat minimal sekali sehingga baterai yang digunakan pun tidak perlu yang memiliki kekuatan diatas 2.000mAh agar dapat stand-by lebih lama. Sedangkan untuk menengah ke bawah, kini Acer Iconia Tab A200 dapat Anda lirik dengan menggunakan processor Nvidia Tegra 2 dual- core. Sampai saat ini Nvidia Tegra sampai pada kelas Tegra 4i, berikut tingkatannya.
  1. Nvidia Tegra 2 : Kecepatan Dual-Core 1.2 GHz ARM Cortex-A9, RAM 1 GB, GPU ULP GeForce, Kamera 12 MP, Video (1080p)
  2. Nvidia Tegra 3 : Kecepatan 1.7 GHz single core /1.6 GHz quad-core, RAM 2 GB, GPU ULP GeForce 3x dibanding Tegra 2, Kamera 32 MP, Video (1080p), 3D Stereo
  3. Nvidia Tegra 4 : Kecepatan (4+1) 1.9 GHz ARM Cortex-A15, RAM 4 GB, Custom GPU Core, Kamera dengan fitur HDR preview, instant HDR photos, HDR video, HDR burst, HDR Flash, dan HDR Panorama.

Tablet Android raksasa yang menggunakan Nvidia Tegra 4 adalah HP Slate 21 yang membawa layar super gede berukuran 12.5 inci.

3. OMAP

 

Mendengar nama OMAP mungkin sedikit asing ditelinga, berikut ini daftar lengkapnya
  1. OMAP 3 : Kecepatan 1 GHz ARM Cortex A8, GPU POWERVR™ SGX 2D/3D, Kamera 12 MP
  2. OMAP 4 : Kecepatan 1.5 GHz Dual Core Cortex A9, GPU POWERVR™ SGX54x, Kamera 20 MP
  3. OMAP 5 : Kecepatan 1.7 GHz Dual Core Cortex A15, GPU POWERVR™ SGX544-MPx, Kamera 24 MP
Dulunya OMAP sangat terkenal di era Nokia N90 dan N91, N95 sampai akhirnya digunakan oleh smartphone premium Samsung Galaxy Nexus dan Huawei Ascend P1.

4. Exynos

Exynos merupakan prosesor buatan Samsung Electronics dan secara khusus digunakan untuk Samsung Mobile. Prosesor ini menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin dapat membuat Anda tertarik memiliki produk dengan prosesor Exynos ini. Sensasi bermain game 3D akan terasa lancar tanpa adanya lag, karena GPU yang digunakan adalah GPU Mali 400 yang tentunya sudah banyak gadget yang menggunakan grafis dari Mali seperti iPad 2 dan Samsung Galaxy SII. Lalu, kinerja terbaik yang dapat dilakukan oleh prosesor ini adalah multitasking pada gadget Android Anda, baik itu smartphone ataupun tablet. Walaupun prosesor ini sudah mendukung multi-core, tetapi daya yang diserapnya terhitung efisien. Salah satu gadget yang menggunakan processor ini adalah Samsung Galaxy SIII (Exynos 4212 Quad-core).(p)Seri Mali, GPU ini merupakan arsitektur buatanARM, walaupun masih jarang terdengar namanya, namun kekuatannya tidak bisa diremehkan. Seri-seri GPUMali beredar mulai dari HDTV, game console(PS3), hingga smartphone. Khusus untuk smarphone, seri yang digunakan adalah Mali 400MP4 (MPadalah indikator core yang digunakan). GPUini merupakan bagian dari SOC Exynos dualcore CPU 1.2ghz A9 milik Samsung GalaxyS II. Kabarnya Mali 400MP4 ini mampu merender hampir setara PS3 maupun Xbox 360.

  1. Exynos 3 : Kecepatan 1.2 GHz Single-core ARM Cortex-A8, GPU PowerVR SGX540
    200 MHz
  2. Exynos 4 : Kecepatan 1.6 GHz Quad-core ARM Cortex-A9, GPU Mali-400 MP4 (Quad-Core) 440 MHz
  3. Exynos 5 : Kecepatan 1.6–1.8 GHz quad-core ARM Cortex-A15, GPU PowerVR SGX544MP3 (Tri-Core) at 533 MHz
Saat ini samsung tengah mempersiapkan Exynos generasi ke 6 yang kabarnya hadir tahun 2013/2014, mengenai fitur masih belum ada info yang memadai.

5. Mediatek or biasa disebut MTK

Salah satu produsen prosesor besar dari Asia selain Samsung yang banyak digunakan oleh para produsen gadget adalah Mediatek atau yang biasa disingkat MTK. Perusahaan yang berbasis di China ini adalah produsen prosesor kelas wahid tetapi memiliki harga yang murah. Jika Anda melihat spesifikasi gadget-gadget lokal seperti IMO, Mito, ataupun Acer dan Asus dari Taiwan, tentu akan terlihat bahwa prosesor yang digunakan adalah buatan Mediatek. Khusus bagi Anda yang memiliki budget rendah untuk memiliki gadget Android, gadget dengan prosesor Mediatek adalah solusinya. Untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik, selain itu untuk grafisnya dibantu oleh PowerVR. Sayangnya untuk daya energi, Anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai yang besar. Konsumsi baterainya yang boros adalah minus dari prosesor ini, tetapi untuk kekuatan dalam visualisasi, tenaga baterai tersebut dialihkan untuk menghasilkan visual yang baik dan smooth . Contoh gadget yang menggunakan prosesor Mediatek adalah Acer Iconia Tab B1, IMO Tab X5 Mars, Mito A322.

Prosesor Mediatek

Selain itu mediatek meluncurkan produk terbarunya yaitu Tambahan terbaru yang dihadirkan MediaTek adalah kemampuannya untuk mengalokasikan core CPU untuk menjalankan tab di web browser, inpute pengguna, serta melakukan rendering efek 3D. Untuk gaming, MediaTek True Octa-Core memungkinkan urutan pemrosesan yang berbeda untuk dialokasikan ke core yang berbeda, sehingga meningkatkan frame-rate saat memutar video dan mengurangi latensi saat bermain game.Efisiensi daya juga lebih baik, dengan konsumsi daya 18 persen lebih rendah saat memutar video Full HD jika dibandingkan dengan prosesor quad-core. Saat ini belum diinformasikan perangkat apa yang akan menggunakan prosesor MediaTek True Octa-Core

Kesimpulan Mengenai Proseseor Smartphone

Nah sekian dulu cerita panjang ane mengenai pengenalan Prosesor Smartphone, semoga bisa dipahami, intinya kalau produk merek sama liat saja angka serinya, semakin tinggi maka semakin bertenaga.

Tetapi kalau beda merek bukan berarti yang mempunyai angka lebih tinggi berbanding lurus pula skor kekuatannya, tentunya Merek Mediatek akan beda cerita kalau dibadingin dengan Qualcom atau Nvidia Tegra.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Jenis Prosesor Smartphone, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Jenis Prosesor Smartphone berguna untuk anda.

Leave a reply "Jenis Prosesor Smartphone"