Menjadi Konsumen Produktif

119 views

aapy.info – Menjadi Konsumen Produktif, Menjadi Konsumen Produktif

Menjadi Konsumen Produktif
Menjadi  konsumen produktif maksudnya adalah barang-barang yang dibelinya bisa menghasilkan uang. Memang maksudnya tidak semua barang yang dibeli harus menghasilkan uang,tetapi kalau bisa barang tersebut secara tidak langsung bisa menghasilkan uang. Barang-barang seperti rumah,mobil dan sepeda motor jelas bisa menghasilkan uang.

Menjadi Konsumen Produktif

Lalu bagaimana dengan barang-barang  yang tujuannya untuk hiburan? Seperti televisi,radio,kamera dan alat-alat musik? Barang-barang itu juga bisa menjadi barang produktif meskipun mungkin secara tidak  langsung. Seperti misalnya televisi dan radio,informasi dari kedua pesawat tersebut bisa untuk menentukan langkah yang akan kita ambil dalam berbisnis. Untuk fungsi seperti ini,media cetak koran dan majalah juga bisa berfungsi sama.

Baca Juga: Resep Sukses Bill Gates!

Kamera tentu bisa walau mungkin awalnya bersifat amatiran,tetapi seiring waktu,keterampilan  bertambah bisa meningkat menjadi profesional. Kamera foto maupun kamera  video. Perkembangan kamera digital yang hasilnya langsung bisa dilihat memudahkan pemakainya. Tidak seperti pada masa kamera analog yang menggunakan film. Selain hasilnya tidak bisa langsung dilihat,resiko tidak jadi  juga lebih besar.

Seperti misalnya kalau memasang filmnya di tempat pemutar tidak sempurna,bisa film tidak berputar,atau bisa juga film  berputar separuh. Hasil gambar bisa saling tumpuk. Bisa pula film terbakar. Bisa dibayangkan jika itu upacara penting seperti pesta pernikahan,kalau fotonya tidak jadi apa pesta pernikahannya diulang?
Kalau alat seperti komputer dan lap top jelas barang produktif. Karena itu merupakan peralatan kantor.

Salah seorang dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  Ki Sutikno,dalam sebuah sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial DIY di Monumen Jogja Kembali  September 2013 menceritakan pengalamannya membeli mesin tik di tahun 1980-an. Ketika itu masih mahasiswa dia ‘menjual’ jasa dengan melayani kebutuhan pengetikan. Segala macam. Hasilnya bisa membiayai sendiri kuliahnya.

Waktu itu memang lazim jasa pengetikan. Kalau sekarang hampir setiap rumah tangga mempunyai lap top. Kalau kreatif alat tersebut bisa menghasilkan uang. Bisa untuk menghasilkan karya tulis apa saja. Atau untuk desain grafis. Tersambung dengan internet menjadi alat bisnis.

Telepon genggam atau HP setiap orang tentu punya. Alat ini  untuk komunikasi jelas menunjang kegiatan bisnis. Tetapi model telepon pintar sekarang ini bisa untuk kegiatan apa saja. Fungsinya berubah menjadi lap top mini bahkan lebih praktis karena mudah membawanya. Salam Keren!

Tags: Konsumen, Uang, Ekonomi, Konsumen Menghasilkan Uang, Perilaku Konsumen Produktif, Konsumen Produktif.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Menjadi Konsumen Produktif, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Menjadi Konsumen Produktif berguna untuk anda.